Pengenalan Network Programming

 
Apasih Network Programming itu ?
Network programming atau dengan sebutan lain socket programming merupakan proses untuk membuat aplikasi yang mampu untuk berkomunikasi berbasis client server. Java Socket programming sendiri digunakan untuk komunikasi antar banyak aplikasi yang berjalan pada JRE yang berbeda. Pada prinsipnya untuk pemrograman dapat mengikuti socket programming membutuhkan 2 (dua) hal yang penting yang harus diketahui yakni : 
1. Alamat IP dari server adalah sebaris angka yang dimiliki setiap komputer, ponsel, atau gawai “pintar” lainnya yang terhubung melalui internet. Angka-angka ini berbeda di setiap perangkat dan digunakan untuk menghubungi satu sama lain.
2. Nomor port digunakan untuk berbicara dengan proses atau perangkat eksternal. Sebuah port kemudian, hanyalah sebuah lubang di ruang alamat processor tempat data dapat dikirim dan diterima.
Dengan mengetahui kedua hal tersebut, selanjutnya kita akan melihat bagaimana aplikasi client server searaha dimana client mengirim pesan, dan server menerima kemudian server menerima dan menampilkan ke monitor. 
Berikut tujuan dengan adanya Network / Jaringan untuk kebutuhan Anda :
1. Network / Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien
2. Network / Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date: Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengaskses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
3. Network / Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
4. Network / Jaringan memungkinkan kelompok-kerja berkomunikasi dengan lebih efisien
5. Network / Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif.

Class MyServer

-   Perintah import java.io.*; adalah input untuk memasukkan data dari peralatan input seperti keyboard dan output adalah perintah untuk menampilkan hasil data kepada pengguna.
-Perintah import java.net.*; adalah perintah dalam Program Java berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.
-Setelah itu kita beri nama kelas My Server dan membuat fungsi method mainnya. Lalu perintah try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. 
- Perintah ServerSocket ss=new ServerSocket(6666); berfungsi untuk  membuat fungsi server,  penting membuat occasion kursus ServerSocket. Di sini, menggunakan berbagai port 6666 untuk interaksi diantara pelanggan dan server. 
- Perintah DataInputStream dis=new dan DataInputStream(s.getInputStream()); merupakan class inputan di program java untuk menerima masukan dari user yang kemudian diikuti oleh variabel penampung seluruh inputan.
- Perintah String str=(String)dis.readUTF(); adalah untuk membaca data dengan encoding UTF-8 dengan tipe data String
- Perintah System.out.println("message= "+str); untuk menampilkan hasil ouput pada class My Server
- Perintah ss.close(); berfungsi untuk memutus server socket.
- Perintah catch(Exception e){System.out.println(e);} adalah statement tersebut digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung. 

Hasil dari kelas MyServer

Class MyClient

- Perintah import java.io.*; adalah input untuk memasukkan data dari peralatan input seperti keyboard dan output adalah perintah untuk menampilkan hasil data kepada pengguna.
- Perintah import java.net.*; adalah perintah dalam Program Java berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.
- Selanjutnya kita beri nama kelasnya dengan nama MyClient dan buat method utamanya. Dan  perintah try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. 
- Perintah Socket s=new Socket("localhost",6666);  berfungsi  untuk membuat fungsi server,  penting membuat occasion kursus ServerSocket. Di sini, menggunakan berbagai port 6666 untuk interaksi diantara pelanggan dan server. 
- Perintah DataOutputStream dout=new dan DataOutputStream(s.getOutputStream()); digunakan untuk menulis data dari program klien ke program MyServer dan dari program server ke program MyClient, yang mengembalikan objek kelas OutputStream.
-Perintah dout.writeUTF("Hello Server");  adalah pesan yang akan menampilkan "Hello Server" pada class MyServer
- Perintah dout.flush(); umumnya digunakan hanya untuk output stream. Fungsinya adalah untuk membersihkan output buffer dan memindahkan data buffer menuju console atau disk (pada kasus file output stream).
- Perintah dout.close(); berfungsi untuk menutup perintah dout
- Perintah s.close(); berfungsi untuk memutus server socket.
- Perintah catch(Exception e){System.out.println(e);} adalah statement tersebut digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung. 

Hasil dari kelas MyClient


Class GetName

- Perintah import java.net.*; adalah perintah dalam Program Java berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.
-Lalu kita buat nama kelasnya yaitu GetName dan buat method utamanya.
- Perintah InetAddress host = null ; digunakan untuk mendeklarasikan InetAddress terhadap objek host yang memiliki nilai awal null.
- Perintah host = InetAddress.getLocalHost(); syntax ini menyatakan bahwa objek host di beri nilai yaitu InetAddress.getLocalHost() . 
- Perintah System.out.println("Nama komputer Anda :" + perintah ini berfungsi untuk menampilkan output nama komputer anda misalnya DEKSTOP-8R7POHT 
- Perintah host.getHostName()); Mengembalikkan nama host jika sukses. FALSE jika gagal

Hasil dari class GetName


Class IptoName

- Perintah import java.net.*; adalah perintah dalam Program Java berisi kelas-kelas dan interfaces yang memperbolehkan program java untuk memanipulasi angka, tanggal, karakter dan juga string.
- - Lalu kita berinama class nya yaitu IptoName dan buat method utama, lalu perintah try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. 
-   - Perintah if (args.length == 0){ berfungsi untuk mengeksekusi percabangan berdasarkan panjang string host yang bernilai 0. 
    - Perintah System.out.println("Pemakaian : java IPtoName <ipaddress>"); perintah ini akan menampilkan IP Address laptop/komputer kita jika hasil dari percabanga benar, namun jika salah akan kembali ke semula.
-
    - Perintah System.exit(0); akan keluar dari program
  - Perintah String host = args[0]; dan InetAddress address = null; digunakan untuk mendeklarasikan InetAddress terhadap objek host yang memiliki nilai awal null.
    - Perintah try{  perintah try biasanya digunakan dalam suatu block program. Keyword ini digunakan untuk mencoba menjalankan block program kemudian mengenai sasaran dimana munculnya kesalahan yang ingin diproses. 
- Perintah dress = InetAddress.getByName(host); mengeksekusi perintah try untuk mengecek kesalahan, jika tidak ditemukan kesalahan maka akan mencetak nama komputer user.
- Perintah catch(UnknownHostException e){ System.out.println("invalid IP"); adalah statement tersebut digunakan untuk mengurung eksekusi yang menampilkan error dan dapat membuat program tetap berjalan tanpa dihentikan secara langsung. dan akan menampilkan invalid IP pada komputer user.
- Perintah System.exit(0); berfungsi untuk keluar dari program
- Perintah System.out.println(address.getHostName()); memanggil method getAddress pada objek address yang telah di deklarasikan tadi. Lalu dibuat perulangan untuk mencetak ip address komputer tersebut.

Hasil dari class IptoName






-


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menghubungkan Java Dengan Database MySQL

PROGRAM KASIR SEDERHANA DENGAN BAHASA JAVA MENGGUNAKAN ARRAY

Raspberry Pi